Social Icons

MADRASAH DINIYAH



Madrasah Islamiyyah Nahdlatut Thullab (MINAT) Sore ini merupakan bagian integral dari Madrasah MINAT Pagi, karena materi pelajaran kitab kuning yang tadinya di pelajari pada MINAT Pagi mulai tahun 2002 dialihkan ke MINAT Sore, Sehingga mau tidak mau Madrasah Islamiyyah Nahdlatut Thullab (MINAT) Sore harus mampu untuk mengkonsep sedemikian rupa kegiatan belajar mengajar untuk dapat memfasilitasi santri dalam menguasai kitab kuning, agar santri dapat lebih memahami ilmu agama.

Dalam berbagai kesempatan, Hadratus Syaikh KH. Chasbullah Badawi sering sekali menyampaikan kepada para santri, bahwasanya kegiatan MINAT adalah merupakan ujung tombak dari keberhasilan santri dalam mengaji berbagai disiplin ilmu pengetahuan agama di Pondok Pesantren Al-Ihya 'Ulumaddin, karena disamping ada pengajian mengupas tentang ilmu nahwu dan sharaf, MINAT Sore juga menyuguhkan berbagai macam ilmu yang lain, seperti : ilmu tafsir, ilmu hadits, mantik, balaghoh ilmu ushul fiqh dan berbagai macam cabang ilmu lain, yang kesemuannya itu merupakan alat bantu bagi santri dalam memahami agama islam secara kaaffah (menyeluruh).

Tujuan pokok diadakan kegiatan Madrasah Islamiyyah Nahdlatut Thullab (MINAT) Sore adalah
  • Untuk membantu para santri dalam menguasai kitab kuning yang merupakan referensi pengetahuan bagi para santri dalam pendalaman  ilmu agama.
  • Sebagai sarana untuk memfasilitasi santri dalam mendalami ilmu alat (ilmu baca dan memahami kitab kuning.
Kegiatan ini dilaksanakan setiap sore kecuali hari jum'at dan dimulai pada Pkl. 16.00 s.d 17.30 WIB, Madrasah Islamiyyah Nahdlatut Thullab (MINAT) Sore wajib diikuti oleh santri dengan memerlukan jangka waktu enam tahun yaitu dari kelas I (satu) sampai dengan kelas IV (enam), setelah selesai menempuh kegiatan ini santri mendapatkan ijazah dan transkip nilai seperti sekolah formal.
 

No comments:

Post a Comment